stop being copycat!

27 Sep

Menurut kamus, pengertian copycat adalah someone who copies the words or behavior of another. Kalo bahasa Indonesianya=peniru. Sebenernya siy sah-sah ajah kalo kita mau meniru seseorang, baik dalam hal ucapan maupun perbuatan. Apalagi kalo yg ditiru itu kebaikan, malah dianjurkan kan?😉

Tapi dalam beberapa hal, meniru ini emang kadang bikin masalah, baik buat yg ditiru, maupun buat si peniru. Buat yg ditiru mungkin dia terganggu karena hasil karyanya diakui oleh si peniru, atau orang lain justru lebih mengenal si peniru sebagai pencipta hasil karyanya (dalam hal ini yg ditiru adalah inovasi yah, mungkin lebih tepat disebut dengan plagiat). Kalo sekedar ucapan atau perbuatan, mungkin merasa terganggu ajah. Buat si peniru, masalahnya lebih ke diri sendiri. Kalo menirunya udah melewati batas, si peniru bisa kehilangan jati dirinya, bisa ga be yourself lagi.

Saya pribadi masih suka mencari sesuatu yg bisa ditiru, karena kita emang butuh contoh dalam beberapa hal. Tapi meniru saya ini sebatas contoh, mencari sumber inspirasi ajah (smoga ga kelewatan…). Kalo nemu sesuatu yg bagus dari seseorang, saya ga sungkan-sungkan untuk memujinya, bahkan membiarkan dia tau kalo saya ingin mengikutinya (sekali lagi ini sebatas contoh). Kalo ada beberapa hal yg saya rasa ga cocok untuk ditiru, yah ga akan saya tiru. Jadi saya nirunya kalo itu baik & sesuai ajah sama diri saya.

Lain halnya dengan beberapa orang yg meniru sesuatu secara tumplek-blek, ditelan mentah-mentah padahal belum tentu semuanya baik & cocok dengan dirinya. Nah ini yg saya sebut merugikan, kehilangan jati diri, ga kreatif. Entah apa alasannya, apakah ngefans atau ga pede ma dirinya sendiri, pokoknya meniru mentah-mentah dalam segala hal itu menurut saya ga baik. Lagian ga capek apa kalo apa-apanya niru orang? Berarti harus merhatiin orang yg ditiru terus dwonk??

mMmm begitulah kurang lebih penilaian saya tentang sifat meniru. Meniru itu ga ada salahnya, apalagi untuk kebaikan. Tapi tolong dibatasi hal-hal apa ajah yg bisa ditiru & disharing sampe sejauh mana nirunya. ^_^

3 Responses to “stop being copycat!”

  1. qezzia September 29, 2011 at 2:46 am #

    mencontoh atau terinspirasi hal2 baik yah bagus. tapi menjadi copycat is definitely a big no no, menjadi plagiat malah ilegal😀

    • ratna wulandari September 29, 2011 at 10:35 am #

      yup! hal2 baik justru harus diikuti yah🙂
      thank u 4 visiting & giving response!

  2. Rina June 13, 2012 at 2:02 pm #

    How bout if your sister in law, buys everything just like yours, just all the same….not only in the design but also in colour,etc. and show off to all of your family an tell them that you are the one who being her “copycat”. how does it feel when everybody laugh at you sinically, because your sister in law wear the same dress for a reason (not accidentally) at the same time. neraka dunia Ciiiin!. Wktu suamiq aq laporin mslh ini dy bilang: “HAHAHAHA…. Bagus kan brarti mamah jadi trendsetter buat dia!”. very-very-very-very uncomfortable for me.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: